Seni Budaya Jepang – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling populer di dunia, seperti halnya anjing di mana kucing memiliki beragam jenis dan keunikan masing-masing. Jenis kucing Bobtail dikatakan merupakan ras asli dari negara matahari terbit. Dalam cerita legenda, kucing yang memiliki ekor pendek ini dulunya merupakan hewan peliharaan seorang biksu. Hari ini mereka menjadi simbol keberuntungan yang populer di Jepang, berikut ini beberapa fakta menarik tentang kucing Bobtail.

Simak Juga : 6 FAKTA MENARIK TENTANG SEJARAH JEPANG YANG JARANG DIKETAHUI


Memiliki Cerita Asal Muasal Yang Beragam

5 Fakta Menarik Tentang Kucing Bobtails Jepang
image : kurisumasu-japanese-bobtails.com

Menurut beberapa ahli kehewanan di Jepang mempercayai bila Japanese Bobtail merupakan ras kucing tertua di Jepang, dulu hewan ini menjadi peliharaan yang favorit di kalangan biksu-biksu. Menurut sejarah kucing ini sudah menjadi hewan peliharaan sejak tahun 1600, dan sejak saat itu jenis ini telah menjadi hewan yang umum di Jepang dan sering terlihat di jalanan Jepang. Tetapi meski begitu kisah asal muasal jenis ras ini di Jepang masih menjadi misteri karena banyaknya fakta-fakta menarik, bahkan beberapa kalangan ada yang mempercayainya bila jenis ini berasal dari negara tetangga seperti China atau Korea.

Japanese Bobtails akhirnya berhasil berkembang biak di Amerika setelah seorang peternak kucing bernama Elizabeth Freret membawanya dari Jepang pada tahun 1968, sejak saat ini beberapa peternak kucing lainnya juga datang untuk membawa ras ini ke negara mereka.

Menjadi Simbol Keberuntungan

5 Fakta Menarik Tentang Kucing Bobtails Jepang
image : jcollector.com

Mungkin anda sering melihat patung-patung kucing dengan tangan yang bergerak-gerak seperti memanggil seseorang, itu merupakan sosok kucing Bobtails Jepang. Patung keberuntungan ini disebut Maneki-neko di jepang, biasanya digunakan di tempat-tempat usaha seperti toko dan restoran. Patung kucing keberuntungan ini memang dibuat dengan menyerupai jenis ras Bobtails.

Tidak Selalu Calico

5 Fakta Menarik Tentang Kucing Bobtails Jepang
image : wikimedia.org

Japanese Bobtails sering dicap memiliki Mi-Ke (bahasa Jepang untuk tiga warna bulu), namun faktanya cukup banyak juga jenis ini yang hanya memiliki satu warna bulu saja. Selain itu Japanese Bobtails juga sering memiliki warna mata yang berbeda satu sama lain, biasanya di dominasi warna kuning dan biru. Kucing yang memiliki warna mata yang berbeda dikarenakan fakta Heterochromia, sebuah kelainan genetik pada mata.

Kucing Penyanyi

5 Fakta Menarik Tentang Kucing Bobtails Jepang
image : petworlds.net

Japanese Bobtails sering dideskripsikan sebagai “Kucing Penyanyi”, karena mereka sering berkomunikasi dengan kucing lainnya dengan berbagai nada suara atau raungan.

Struktur Tubuh Yang Unik

5-Fakta-Menarik-Tentang-Kucing-Bobtails-Jepang
image : telegraph.co.uk

Anda mungkin akan menemukan kelainan dari bentuk kucing Japanese Bobtails dengan jenis ras lainnya, kucing ini memiliki kaki belakang yang lebih panjang, tubuh langsing, mata lonjong, telinga besar dan lebar, serta kepala yang besar berbentuk segitiga. Namun faktor yang paling membedakan jenis ini dengan kucing lainnya adalah bagian ekornya yang pendek dan bergaya bob seperti namanya. Fakta uniknya lagi, ekor pendek yang dimilikinya ini ternyata berasal dari mutasi genetik alami.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: