Seni Budaya Jepang – Jepang menjadi satu-satunya negara di Asia yang memiliki tingkat kemajuan teknologi paling tinggi, terlepas dari beban yang diterima akibat Perang Dunia, negeri sakura ini memiliki perkembangan yang sangat menakjubkan dan sukses bangkit menjadi negara yang maju pada saat ini. Japan berkembang menjadi negara maju yang unggul dalam bidang teknologi, sangat banyak produk-produk teknologi terbaru yang terlahir dari negara yang dijuluki matahari terbit ini. Berikut 5 alasan mengapa Jepang di cap sebagai negara pelopor teknologi.

5 Alasan Mengapa Jepang Menjadi Negara Pelopor Teknologi

image : dynamicbusiness

Simak Juga : MEMAHAMI JEPANG LEBIH DALAM DARI SUDUT KEKAIASARAN YANG TELAH BERJALAN HINGGA 2.000 TAHUN


Internet Mobile

NTT DoCoMo, merupakan perusahaan operator seluler terbesar di Jepang, meluncurkan platform internet mobile pertama kali pada Februari tahun 1999, ketika itu sistem ini merupakan sistem internet yang paling canggih di masanya. Kemudian diikuti oleh perusahaan pesaingnya yaitu J-Phone yang kini telah berganti nama menjadi SoftBank, dan saat itu internet seluler menjadi populer karena menjadi pendamping sempurna untuk perjalanan kereta api yang di mana Jepang memang memfokuskan transportasi kereta mereka ke seluruh daerah.

Namun, kesuksesan platfrom i-mode dari DoCoMo gagal populer di luar negeri, meskipun DoCoMo berjasa menjadi pelopor internet seluler tetapi mereka gagal mempromosikan produknya di luar negeri. Sejak saat itu beberapa perusahaan mulai memproduksi layanan-layanan serupa dan menjadi teknologi yang digunakan di semua negara.

Membayar Konten

Mungkin ini bukan sebuah teknologi, tetapi kebiasaan atau atitude yang menjadikan Jepang sukses menjadi pelopor negara maju dalam berbagai bidang. Alasan mengapa produk-produk digital Jepang sukses adalah adanya kebiasaan dari masyarakat Jepang yang sangat menghargai sebuah produk-produk dalam negeri, para pelanggan rela membelanjakan yen hasil jerih payah mereka kerja untuk membeli produk-produk digital. Mulai dari nada dering, aplikasi dan game.

Kebiasaan ini membuat Jepang menjadi pasar aplikasi terbesar di dunia pada akhir tahun 2013, meskipun populasi negara ini memiliki populasi lebih sedikit dari negara-negara maju lainnya. Teknologi Jepang sebagian besar digerakan oleh produk-produk game, aplikasi dan sosial media, bahkan omset dari perusahaan-perusahaan game atau digital di Jepang sukses mencetak keuntungan hingga jutaan dollar.

NFC Ecosystem

Tokyo memang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 mendatang, oleh karena itu akan ada inisiatif yang sedang dilakukan untuk menciptakan infrastruktur yang memungkinkan penggunaan teknologi NFC dari seluruh dunia di stasiun kereta api, bandara, ATM, taksi, hingga pertokoan. Penumpang JAL, maskapai penerbangan terbesar di negara Jepang, kini sudah dapat memeriksa dan naik penerbangan dengan menggunakan ponsel mereka. Dengan jaringan digital yang luas ini, diharapkan Jepang menjadi negara yang simpel dan modern.

M2M On The Road

Kendaraan listrik dari Nissan saat ini memiliki teknologi yang memungkinkan para pengendaranya berkomunikasi dengan ponsel. Pengemudi dapat mengaftikan fungsi ini dari jarak jauh seperti pengisian dan pendingi udara, menerima dan menjawab teks dalam bentuk audio. Bahkan dapat digunakan untuk mencari toko dan restoran, dapat juga mengirim pesan darurat jika mereka mengalami kecelakaan atau kehabisan daya pada mobil listrik mereka.

5 Alasan Mengapa Jepang Menjadi Negara Pelopor Teknologi

image : CNN

Source : gemalto

%d bloggers like this: