Belajar Bahasa Jepang – Belajar sebuah bahasa asing memang memiliki berbagai cara, mulai dari bimbingan guru bahasa hingga belajar sendiri tanpa bantuan seorang profesional. Cukup banyak saat ini metode-metode ampuh yang diciptakan untuk mempelajari atau memperdalam kemampuan seseorang dalam menguasai sebuah bahasa asing, salah satunya dalam mempelajari bahasa Jepang yang memang memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi seperti mempelajari bahasa Mandarin.

4 Langkah Penting Dalam Belajar Bahasa Jepang Dengan Menggunakan Subtitles Film Atau Drama Jepang !

image : otakuvines

Salah satu metode yang sangat ampuh tanpa memerlukan bantuan dari seorang profesional adalah dengan melalui sebuah subitles atau teks tulisan dalam sebuah film atau drama Jepang. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukannya dengan tepat.

Simak Juga : 4 Metode Ampuh Untuk Mempelajari Huruf Hiragana Dan Katakana !


Menonton Ulang Tanpa Bantuan Subtitles

Salah satu strategi utamanya dalam mempelajari sebuah bahasa asing atau bahasa Jepang melalui sebuah film atau drama adalah dengan menontonnya pertama kali dengan sebuah subtitles kemudian mengulangnya kembali tanpa bantuan subtitles, karena dengan menonton sebuah film atau drama berbahasa Jepang dengan bantuan text bahasa Inggris atau Indonesia akan membantu anda mengingat percakapan dan setiap kata-kata Jepang yang dikeluarkan, yang menjadi tantangannya adaalah ketika anda mengulangnya tanpa bantuan subtitles dan berusaha untuk mengingatnya kembali.

Tentu latihan ini harus didukung dengan kemampuan kosakata Jepang anda, metode ini juga sangat ampuh untuk meningkatkan kemampuan anda dalam mendengar ucapan bahasa Jepang dalam sebuah percakapan. Dalam bantuan subtitles ini juga anda akan mungkin mendapatkan sebuah kosakata baru yang belum pernah anda dengar sebelumnya, begitu juga dengan tata bahasa.

Membedah Kata Kata Dalam Subtitles

Memang sebenarnya tidak cukup hanya mempelajari bahasa Jepang dengan hanya menerjemahkan bahasa Jepang menjadi bahasa yang anda kuasai, untuk benar-benar menguasai kata-katanya anda perlu membedah subtitle dan mempelajari setiap kata-katanya secara terpisah, seperti misalnya berikut ini.

  • Menggunakan kamus untuk mencari arti setiap kata-kata yang ada dalam subtitle tersebut, karena tentunya setiap kata terkadang memiliki beberapa arti yang berbeda.
  • Temukan contoh yang benar, sehingga anda tahu bagaimana kata-kata tersebut akan digunakan. Karena biasanya tidak cukup hanya dengan mengerti artinya dalam sebuah kamus. Anda perlu mendapatkan contoh bagaimana atau dalam kondisi apa kata itu digunakan.
Mencoba Membuat Subtitles Sendiri

Jika anda mulai menguasai banyak kosakata dan tata bahasa Jepang maka cobalah untuk lakukan tes kepada diri anda sendiri dengan mencoba membuat sebuah subtitles sendiri dalam sebuah film atau drama Jepang, tentu metode terbaiknya adalah anda mendengarkan percakapannya dengan perlahan. Akan lebih baik jika anda menontonnya di komputer atau semacamnya yang memiliki software untuk memperlambat pemutaran videonya sehingga anda dapat mendengarkan suara percakapan dengan lebih mudah.

Dengarkan Dan Ulangi

Kesabaran dan kegigihan adalah kunci utama untuk menguasai sebuah pelajaran, oleh karena itu sering-seringlah mengulang dalam mendengarkan sebuah percakapan dalam sebuah film atau drama sehingga anda akan mulai terbiasa dengan beberapa kalimat dan kata-kata. Sangat disarankan anda menonton drama atau film saja, karena beberapa acara seperti TV Show biasanya percakapan akan lebih sulit untuk didengarkan karena tidak teratur dan terkadang ada lebih dari 1 suara yang muncul secara bersamaan.


4 Langkah Penting Dalam Belajar Bahasa Jepang Dengan Menggunakan Subtitles Film Atau Drama Jepang !

Colors of Wind (2018)

Itulah yang dapat Artforia bagikan dalam tips-tips mempelajari bahasa Jepang dengan sebuah bantuan subtitles teks dalam film atau drama Jepang.

Source : Fluentu

%d bloggers like this: