Berita Travel Jepang – Sebagai negara yang memiliki pesona tinggi sebagai tujuan wisata Jepang memang negara yang wajib untuk dijelajahi bila anda menyukai suasana dan budaya asia, tradisi dan juga budaya Jepang sama banyaknya seperti negara China dan Korea tetangganya, maka dari itu anda harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu sebelum berkunjung kesana agar tidak membuat anda kesulitan dengan tradisi-tradisi yang tentunya cukup berbeda jauh dari tradisi negara asal para wisatawan. Berikut ini dibawah terdapat 30 tips yang dijelaskan secara singkat dari Artforia ketika belibur ke Jepang.

Simak Juga : Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Berwisata Ke Hokkaido

30 Tips Singkat Yang Perlu Diperhatikan Ketika Berlibur Ke Jepang1. Di sebuah restoran tradisional Jepang, terkadang anda diwajibkan untuk melepas sepatu dan menggantinya dengan sendal khusus yang telah disediakan didepan restoran.

2. Selama makan ditempat tradisional atau upacara minum teh, pria dapat duduk bersila sementara wanita harus melipat kaki dengan rapi di bawah pinggulnya.

3. Bila anda memiliki tujuan bisnis dan bertemu dengannya serta bertujuan untuk memberikan sebuah hadiah kepadanya. Pastikan anda mengemasnya dalam kertas coklat sederhana karena warna cokelat.

4. Etika umum masyarkat Jepang ketika bertukar kartu nama atau kartu bisnis biasanya akan dilakukan sambil tubuh sedikit membungkuk dan memberi kartu tersebut dengan kedua tangan.

5. Bila anda yang menerima kartu nama seseorang maka terima dengan sopan dan masukan kedalam dompet atau tas anda jangan dimasukan kedalam saku karena akan terlihat tidak menghargai. Karena jepang merupakan negara yang menjunjung tinggi rasa hormat.

6. Jangan sampai anda bersin ditempat umum atau didepan orang banyak tanpa menutup mulut anda atau menorehkan muka anda ke bawah, karena tanpa melakukan gerakan tersebut anda akan dianggap tidak sopan dan juga dianggap memiliki penyakit serius.

7. Beli peta yang menunjukkan nama tujuan baik dalam bahasa Jepang maupun bahasa Inggris. Jangan lupa juga membawa kamus bahasa Jepang – Inggris dan sebaliknya untuk persiapan anda berinteraksi kepada masyarakat Jepang bila diperlukan.

8. Bawa tisu atau handuk tangan setiap anda berpergian di Jepang karena sebagian besar kamar mandi umum tidak memiliki fasilitas pengeringan tangan, kecuali jika Anda ingin menggunakan tisu toilet roll.

9. Bawa setidaknya 10.000-20.000 yen secara tunai dengan Anda. Sebagian besar mesin ATM Jepang tidak menerima kartu asing. Juga banyak pusat perbelanjaan tidak menerima kartu kredit.

10. Selalu membawa buku catatan bersama anda lengkap dengan pena atau pensil. Karena sebuah tulisan inggris akan lebih mudah dimengerti daripada ucapan bagi orang Jepang.

11. Seperti yang pernah dijelaskan, cetaklah dalam bahasa Jepang pada sebuah kertas alamat lengkap hotel anda atau juga nama stasiun sehingga bila anda bingung berjalan dapat bertanya kepada orang sekitar.

12. Bila Anda siap untuk membayar tagihan di restoran, silangkan kedua jari anda sehingga membentuk ‘X’ ini akan membuat pelayan akan mendatangi anda dengan tagihan anda.

13. Bila Anda ingin menunjuk seseorang atau sesuatu, arahkan dengan tangan terbuka Anda. Menunjuk sesuatu dengan telunjuk dianggap tidak sopan.

14. Jangan pernah memberikan tips kepada para pekeja di Jepang karena tradisi mereka membuat sebuah tips dianggap sebagai pelecehan terhadap kualitas kerja mereka, tetapi sebagian daerah sudah terbiasa seperti Roppongi karena sudah cukup kental dengan budaya luarnya.

15. Angkutan umum tersedia hanya sampai tengah malam, jadi bila anda kemalaman dan tidak ingin membuang uang berlebih, tunggulah sampai jam 5 pagi dan angkutan umum seperti kereta akan mulai beroperasi. Hindari menggunakan taksi pada malam hari karena biayanya mahal.

16. Sama seperti restoran-restoran tradisional Jepang, bila anda memasuki rumah orang Jepang, letakkan dahulu sepatu anda diluar didekat pintu masuk lalu gunakannya sendal rumah yang telah tersedia.

17. Untuk menginjak lantai tatami biasanya tanpa menggunakan alas kaki sehingga anda bisa melepas sendal ketika berada dilantai ini.

18. Saat Anda mengunjungi toilet di rumah seseorang, kenakan sandal toilet khusus yang selalu disediakan oleh pemilik rumah. Jangan memakai sandal rumah di toilet.

19. Saat Anda mengunjungi kuil Jepang dan melakukan doa. Dalam membakar dupa jangan dengan meniupnya tetapi dengan mengipaskan tangan anda.

20. Ambil foto hanya di area yang diizinkan. Perhatikan tanda-tanda, dan tanyakan pada penduduk setempat jika anda tidak yakin.

21. Jika Anda tidak yakin harus memesan di restoran dengan menu yang hanya sebuah tulisan, tunjukkan salah satu replika makanan plastik yang ada di dekat bagian depan restoran yang biasanya tersedia.

22. Jika pelayan restoran tidak menuntun anda ke meja, berarti anda bisa memilih duduk di mana saja. Tetapi bisa juga tunggu beberapa saat agar mereka datang mengantar anda.

23. Berkendara dan berjalan di sisi kiri karena ini adalah arah mengemudi yang berlawanan bila dibandingkan dengan negara barat.

24. Harga makanan cukup mahal di Jepang terutama di kota-kota besar, jadi sebaiknya hindari restoran dan cafe populer seperti Starbucks. Sebaliknya, belilah roti, kue beras dan mie dari toko-toko lokal kecil, karena harganya jauh lebih murah.

25. Saat anda selesai makan di bar, letakkan gelas anda diatas mangkuk dan bersihkan meja di depan anda dengan handuk lembab yang telah disediakan sehingga anda bisa menggunakan lagi meja anda untuk hidangan lain atau minuman lain.

26. Kualitas air di Jepang sangat bagus jadi anda bisa meminum air pada air mancur publik yang biasanya tersedia.

27. Biasakan untuk membungkuk ketika menyapa seseorang terutama orang Jepang, tekuk tubuh Anda 15 derajat untuk mebentuk lekukan yang sempurna. Bila anda bertemu dengan orang tua, anda harus membungkuk lebih bawah atau luruskan sepinggang Anda.

28. Sebelum makan dan setelah menyelesaikannya, pastikan untuk berterima kasih kepada para pemilik restoran atau lainnya dengan cara membungkuk kecil karena ini dianggap sebagai tata krama yang baik.

29. Dapatkan kartu Suica untuk perjalanan kereta bawah tanah, metro, kereta api Jepang dan juga untuk membayar barang-barang di toko-toko serba ada. Anda dapat memuatnya dengan mudah.

30. Jangan gunakan ponsel anda ketika berada didalam kereta dan bus. Jangan bicara terlalu besar diangkutan umum karena orang biasanya tidur, membaca atau mendengarkan musik dengan tenang.

Itulah ke 30 tips singkat dari Artforia ketika anda berlibur ke Jepang semoga menjadi catatan berguna bagi anda ketika berlibur ke negeri sakura ini ya!.

30 Tips Singkat Yang Perlu Diperhatikan Ketika Berlibur Ke Jepang

%d bloggers like this: