Belajar Bahasa Jepang – Mempelajari bahasa Jepang memang bukan hal yang mudah, menjadi salah satu bahasa asing yang sulit untuk dikuasai, bahasa Jepang juga memiliki berbagai macam jenis penulisan, mulai dari Hiragana, Katakana dan Kanji. Tantangan terbesar seseorang dalam mempelajari bahasa asing memang berbeda-beda tergantung dari kemampuan orang tersebut, ada yang merasa sulit dalam menguasai cara penulisan, cara pengucapan dan mendengarkan. Proses mendengarkan bahasa Jepang memang membutuhkan pembiasaan dan metode yang tepat untuk menguasainya dengan sempurna.

3 Tips Penting Untuk Efisien Dalam Mempelajari Bahasa Jepang

image : asia.nikkei

Berikut dibawah ini adalah beberapa cara belajar mendengarkan bahasa Jepang yang efisien.

Simak Juga : TIPS MENGUASAI KATAKANA HANYA DALAM WAKTU SATU JAM !


Membaca Dan Mendengarkan Sebanyak Mungkin

Bahasa Jepang memiliki lebih sedikit fonem daripada bahasa asing lainnya, ini membuat beberapa kata terdengar sama. Sehingga untuk menguasai kemampuan mendengarkan bahasa Jepang yang sempurna memang membutuhkan proses belajar yang cukup menyita waktu, namun jika proses belajarnya salah maka hal tersebut dapat memperlambat proses belajarnya.

Salah satu kunci penting dalam mempelajari bahasa Jepang adalah sabar dan terus mengulang, seperti dalam proses belajar bahasa asing lainnya, proses mengulang adalah kunci utamanya. Dengan cara terus menerus mengulang sebuah pembicaraan dalam bahasa Jepang anda akan terbiasa dengan setiap kata yang diucapkan meskipun terdengar hampir mirip, sehingga akan membuat anda terbiasa membedakannya, kemudian jika menurut anda sudah mencapai batas level maka cobalah untuk memperkaya kosa kata anda dan mulai menghafalnya dengan cara mengulang. Lakukan juga interaksi secara langsung dengan bahasa Jepang atau menonton acara-acara televisi berbahasa Jepang untuk melatih daya dengar anda dalam bahasa Jepang.

Fokus Mempelajari Kata Kerja

Sama halnya seperti dalam semua bahasa, kita harus menguasai banyak kata kerja. Anda mungkin bisa menggunakan google untuk menemukan daftar kata kerja Jepang yang umum. Tentunya anda harus terbiasa dengan kata kerja ini, dari memahami artinya dan penggunaannya. Terdapat kabar baik dan juga kabar buruk dalam sistem bahasa Jepang. Kabar baiknya adalah dalam bahasa Jepang kata kerja tidak berubah untuk menyebutkan seseorang, berbeda dengan kebanyakan bahasa yang membedakan kata kerja untuk jenis kelamin.

Berita buruknya adalah kata kerja tersebut berubah dengan cara lain, terdapat cara-cara unik untuk mengganti percakapan yang menyebutkan seseorang di Jepang sehingga terdengar lebih sopan dan formal. Jika anda menggunakan google untuk menuliskan “Kata Kerja Jepang” maka akan menemukan banyak sumber yang menjelaskan hal tersebut. Penggunaan kata kerja cukup penting dalam percakapan bahasa Jepang sehingga anda harus memprioritaskannya.

Bersantai Dengan Grammar, Lebih Fokus Dengan Pola Tulisan

Sangat disarankan untuk tidak terlalu fokus dalam mempelajari sistem tata bahasa yang rumit dalam bahasa Jepang, karena akan jauh lebih bermanfaat jika anda lebih fokus dalam mempelajari pola-pola penulisan bahasa dan bagaimana konsep-konsep tertentu diekspresikan dalam bahasa Jepang, pola penulisan bahasa Jepang sangat berbeda dari bahasa Inggris, sebagai contoh bila mengatakan “Saya pikir kamu cantik”, maka dalam bahasa Jepang akan mengucapkan “Kamu cantik, saya pikir”, susunan kata yang terbalik.


3 Tips Penting Untuk Efisien Dalam Mempelajari Bahasa Jepang

image : gaijinpot

Itulah 3 hal penting yang harus diperhatikan jika anda mempelajari bahasa Jepang, semoga dapat membantu proses belajar anda.

%d bloggers like this: