Seni Budaya Jepang – Setiap negara pastinya memiliki hewan khas masing-masing, seperti Indonesia yang dipenuhi dengan hewan-hewan khas yang sangat unik, salah satu contohnya orangutan, burung cenderawasih, harimau sumatera dan masih banyak lagi. Dalam dunia fauna Jepang juga dipenuhi dengan berbagai jenis ras khas yang asli berasal dari negeri sakura, dan Jepang seperti telah banyak mempopulerkan sosok hewan-hewan khas ini melalui beberapa bidang, mulai dari dunia entertainment hingga produk-produk unik. Berikut adalah 3 hewan khas Jepang yang populer namun tidak banyak dikenali orang asing.

Simak Juga : RELOKASI FUJIN DEWA ANGIN DAN RAIJIN DEWA PETIR DI SANJUSANGENDO PAVILION KYOTO


Ezo Naki Usagi

3 Hewan Unik Khas Jepang Yang Jarang Dikenal Orang

image : earthporm

Ezo merupakan nama klasik untuk pulau utara Jepang yang kini bernama Hokkaido. Sehingga hewan ini diberi nama Ezo Naki Usagi, ini sejenis hewan lagomorph (ras kelinci) yang disebut Pika. Sosok ini juga menjadi inspirasi bagi franchise Pokemon yang telah dikenal banyak orang di dunia, hewan ini hidup di pegunungan-pegunungan Hokkaido dan membuat rumahnya di celah-celah bebatuan, dinamakan “Hokkaido Crying Rabbit” dalam bahasa Inggris karena memiliki alasan yaitu hewan ini memiliki suara panggilan khas yang dapat anda dengarkan di video berikut ini.

Shima Enaga

3 Hewan Unik Khas Jepang Yang Jarang Dikenal Orang

image : Pinterest

Shima Enaga adalah burung kecil yang unik berasal dari Jepang, juga disebut “Long-Tailed Tit” dalam bahasa Inggris, ini merupakan burung khas kepulauan Hokkaido. Meskipun jenis burung ini banyak ditemukan di berbagai bagian dunia, namun jenis Jepang ini memiliki penampilan yang paling lucu karena memiliki pola bulu yang serba putih sehingga nampak seperti bola salju. Selain itu menurut sumber dari Wikipedia, burung ini memiliki sifat unik di mana jika salah satu tidak berhasil dalam berkembang biak, maka dia akan membantu pasangan lain yang sukses memiliki anak dan membantu menjaga anak-anaknya, bukankah hal yang sangat menawan?.

Ezo Fukuro

3 Hewan Unik Khas Jepang Yang Jarang Dikenal Orang

image : ellieteramoto

Hokkaido memang merupakan gudangnya fauna dan flora untuk negara Jepang, selain jenis burung Shima Enaga yang dijelaskan diatas, Ezo Fukuro menjadi salah satu jenis burung khas Jepang yang juga berasal dari Hokkaido. Ezo yang berarti “Hokkaido” dan Fukuro merupakan bahasa Jepang untuk burung hantu. Burung hantu ini tinggal di dua daratan yaitu Hokkaido dan Rusia, membentang ke Barat ke Skandinavia. Masyarakat sekitar sering menyebut burung ini dengan sebutan “Hoh-hoh” sehingga menjadi inspirasi sebuah nama pokemon yang disebut “Ho-Oh”. Jenis burung ini tidak terancam punah di Jepang, namun cukup sulit untuk melihat penampakannya.

%d bloggers like this: