Berita Travel Jepang – Berlibur memang menyenangkan tetapi apa jadinya bila anda tidak mengetahui fasilitas umum yang disediakan atau melanggar sebuah peraturan yang telah ditetapkan oleh negara tersebut? tentu menjadi sebuah hal yang sangat tidak di inginkan oleh setiap para wisatawan, oleh karena itu hal yang perlu anda perhatikan ketika berlibur ke negara lain termasuk Jepang bukan hanya sebuah persiapan yang dibawa, area tujuan wisata dan juga cuaca disana namun juga harus mengetahui fasilitas yang tersedia serta peraturan umum yang ditetapkan pada negara tersebut.

Berikut ini dibawah Artforia akan membagikan informasi 3 fasilitas dan peraturan umum yang dimiliki oleh negara Jepang.

Simak Juga : 5 Hal Luar Biasa Yang Dimiliki Tokyo Ketika Musim Salju

 

Penggunaan Obat Di Jepang

3 Fasilitas Dan Peraturan Umum Di Jepang Yang Anda Harus KetahuiJepang merupakan negara yang cukup ketat menetapkan kebijakan pemakaian obat-obatan atau resep obat yang diberikan seorang dokter. Bahkan beberapa pengobatan flu biasa bisa tidak diijinkan untuk dibawa sehingga para wisatawan terutama yang selalu membawa obat-obat medis harus mengechecknya terlebih dahulu sebelum pergi ke Jepang. Untuk menghindari adanya kesalah pahaman dengan peraturan yang ditetapkan anda sebaiknya menghubungi terlebih dahulu kedutaan besar Jepang di negara anda untuk mengetahui peraturan baru yang ditetapkan.

Menurut peraturan yang ditetapkan pada tahun 2014 para wisatawan diizinkan untuk membawa obat-obat mereka dalam wakktu satu bulan atau dua bulan tanpa meminat izin terlebih dahulu. Jika obat anda melalui resep dokter, kami menyarankan agar anda membawa salah satu salinan resep atau surat dari dokter yang menyatakan bahwa obat tersebut telah diberikan kepada anda. Lalu bila anda membawa cukup banyak dari jumlah normal maka anda harus mengajukan permohonan sertifikat impor, yang dikenal sebagai Yakkan Shoumei.

Harap dicatat karena merupakan informasi penting tentang peraturan medis di Jepang yaitu obat apa pun yang mengandung pseudoefedrin (misalnya Sudafed) tidak diizinkan karena ini merupakan salah satu zat terlarang di Jepang dibawah undang-undang hukum yang telah ditetapkan.

 

Kesehatan & Keamanan

3 Fasilitas Dan Peraturan Umum Di Jepang Yang Anda Harus KetahuiMeskipun Jepang adalah negara yang bersih dan memiliki tingkat  keamanan yang tinggi, selalu disarankan untuk mengambil Asuransi Perjalanan selama anda berlibur disana. Cobalah Datang ke Jepang saat musim panas atau musim gugur dan anda akan merasakan cukup banyak nyamuk yang mengganggu. Anda bisa dengan murah membeli berbagai semprotan dan krim penolak nyamuk di Jepang atau bisa juga anda membawanya dari rumah anda.

Pada setiap penginapan atau juga ryokan terkadang menyediakan perangkat pengusir nyamuk elektrik yang bisa anda gunakan. Kebanyakan kamar hotel memiliki AC namun hal terbaik yang harus dilakukan adalah menutup jendela terutama pada malam hari. Malaria tidak endemik di Jepang sehingga tidak perlu minum tablet pencegah apapun. Makanan dan minuman memang memiliki kualitas yang baik dan bersih disini namun ada sedikit risiko infeksi parasit dan toksin dari makanan laut mentah, terutama bagi para wisatawan yang memiliki darah sensitif atau daya tahan tubuh kurang kuat.

 

Layanan Emergensi

3 Fasilitas Dan Peraturan Umum Di Jepang Yang Anda Harus KetahuiNomor gawat darurat polisi di Jepang yaitu 110 sedangkan untuk ambulan paramedis adalah 119, dua nomor yang mungkin perlu anda catat bila berlibur ke Jepang terutama jika berencana untuk tinggal dalam jangka waktu yang cukup lama.

Japan Helpline: 0120 461 997 (untuk laporan darurat dalam bahasa Inggris tersedia 24 jam)

Layanan The Japan Helpline adalah layanan bantuan nasional 24 jam di Jepang untuk masyarakat internasional. Dari gempa hingga sakit gigi mereka bisa membantu.

%d bloggers like this: