A password will be e-mailed to you.

Berita Travel Jepang – Selamat datang di Hokkaido, pulau utara Jepang yang memiliki banyak olahraga musim dingin, jalur pendakian, ladang bunga lavender yang sangat luas, dan juga menawarkan salah satu petualangan kuliner terbaik di Jepang. Meskipun hampir seluruh daerah di Jepang memperlihatkan makanan yang sama, namun Hokkaido akan mengejutkan anda dengan memperkenalkan anda pada beberapa menu makanan baru di Jepang.

Hokkaido adalah area utara Jepang yang populer di kunjungi oleh para wisatawan, pesona indah alam dan juga kulinernya membuat Hokkaido adalah salah satu prefektur terpopuler untuk daerah wisata selain Tokyo, Kyoto serta Osaka. Karena posisinya paling atas area prefektur yang ibu kotanya Sapporo ini memang memiliki suhu yang lebih dingin, untuk kulinernya Hokkaido memiliki keunikan tersendiri dari daerah lain di Jepang, berikut ini Artforia akan berbagi 12 kuliner Hokkaido yang wajib anda coba.

Simak Juga : Mengintip Toyosu Market Yang Merupakan Lokasi Baru Untuk Pindahnya Tsukiji Market

 

1. Hokkaido Seafood Bowl (海鮮丼 – Kaisen Don)

12 Kuliner Hokkaido Yang Harus Anda Coba

image : Pinterest.com

Kaisen don adalah hidangan satu mangkuk nasi sushi dengan berbagai makanan laut diatasnya. Bila anda bertanya kepada sejumlah masyarakat Jepang mengenai lokasi terbaik untuk memakan menu ini maka jawabannya dipastikan adalah Hokkaido. Menu makanan ini akan dilengkapi dengan sejumlah makanan laut segar seperti telur salmon, landak laut, daging salmon, tuna, udang, cumi-cumi, dan masih banyak lagi. Anda bisa menambahkan sedikit kecap atau juga tidak dan pastikan untuk mengunyah perlahan dan nikmati setiap gigitan setiap texture makanan laut segar dalam satu mangkuk nasi.

Tidaklah sulit untuk menemukan menu hidangan yang populer di Hokkaido ini. Restoran yang baik dan terjangkau sering berada di sekitar pasar makanan laut di Sapporo, Hakodate dan Otaru. Berikut beberapa daftarnya.

  • Pasar Ikan Nijo – Minami 3-jo ~ Higashi 1-chome, Chuo, Sapporo, Hokkaido
  • Hakodate Asaichi Market – 9-19 Wakamatsu, Hakodate, Hokkaido
  • Pasar Sankaku – 3-10-16 Inaho, Otaru, Hokkaido
  • Pasar Nantaru – 12-1 Shintomicho, Otaru, Hokkaido
  • Pasar Pagi Rinyu – 3-10-15 Ironai, Otaru, Hokkaido

2. Kepiting Hokkaido

12 Kuliner Hokkaido Yang Harus Anda Coba

image : willflyforfood.net

Seafood memang menjadi bagian terpenting dalam sebuah kuliner di Jepang, kepiting adalah salah satu hewan laut yang dagingnya memiliki cita rasa tinggi, Hokkaido adalah salah satu tempat terbaik di Jepang untuk mencicipi kepiting. Ketika berjalan melalui pasar ikan di Hokkaido, Anda pasti akan cukup terkejut dengan banyaknya kepiting raja besar atau kepiting bulu kuda yang dijual di daerah ini. Tentu hal yang paling menarik adalah anda harus mencicipinya.

Restoran kepiting paling populer dan juga banyak direkomendasikan di Hokkaido adalah Kani-Honke (か に 本家). Restoran berantai ini pertama kali dimulai di Hokkaido, tetapi karena popularitasnya yang meningkat, kini telah memiliki banyak cabang dan menyebar ke seluruh Jepang. Mereka menawarkan keramahan yang luar biasa dan berbagai macam hidangan kepiting. Selain itu, mereka juga menawarkan berbagai menu khusus untuk makan siang dan makan malam. Meskipun makan siang memiliki harga lebih murah, kualitasnya tetap sama.

3. Hokkaido Sushi

12 Kuliner Hokkaido Yang Harus Anda Coba

image : fundamentally-flawed.blogspot.co.id

Yup anda memang dapat menemukan sushi di seluruh area Jepang, tetapi salah satu yang terbaik adalah dari prefektur Hokkaido. Kualitas dan keahlian sushi di sini tidak seperti tempat lain. Hokkaido tidak berbeda dengan daerah Jepang lainnya, Anda dapat menemukan berbagai restoran sushi dari Kaitenzushi. Untuk biayanya dimulai dari 2.000yen hingga 7000yen keatas, tergantung menu yang anda pesan dan makan siang atau malam.

Berikut daftar rekomendasi restoran untuk menikmati Sushi di Hokkaido.

Sushiyakoudai : Rating 3.64/5
Alamat: 1-4-15 Inaho, Otaru, Hokkaido

Chiharuzushi : Rating 3,62/5
Alamat: Minami 6 Jonishi, Chuo, Sapporo, Hokkaido

Nemurohanamaru : Rating 3.69/5
Alamat: Kita 5 Jonishi, Chuo, Sapporo, Hokkaido

Sushi Ikkou : Rating 4.33/5
Alamat: Minami 2 Jonishi, Chuo, Sapporo, Hokkaidō

Sushisai Wakichi : Rating 4.13/5
Alamat: 25-1-22 Minami 2 Jonishi, Chuo, Sapporo, Hokkaido

Sushi Miyakawa : Rating 4.13/5
Alamat: Minami 1 Jonishi, Chuo, Sapporo, Hokkaido

4. Hokkaido Jingisukan (ジンギスカン)

12 Kuliner Hokkaido Yang Harus Anda Coba

image : macaro-ni.jp

Jingisukan (atau “Genghis Khan”) merupakan hidangan makanan yang dikenal sebagai yakiniku Hokkaido atau daging domba panggang Hokkaido. Dikatakan bahwa namanya berasal dari era Jepang sebelum perang, yang saat itu prajurit Mongolia sangat menyukai daging domba yang dipanggang ditas helm mereka, sejarah ini juga mempengaruhi bentuk panggangan dalam hidangan ini yang seperti sebuah helm perang.

Berikut rekomendasi restoran untuk hidangan ini di Hokkaido.

Daikokuya : Rating 4.11/5
Alamat: 7 -4 Jodori, Asahikawa, Hokkaido

Daruma : Rating 3.71/5
Alamat: 4 Minami 5 Jonishi, Chuo, Sapporo, Hokkaido

Fukuroutei : Rating 3.63/5
Alamat: 5 Minami 8 Jonishi Chuo-ku Sapporo Hokkaido

5. Hokkaido Ramen

12 Kuliner Hokkaido Yang Harus Anda Coba

image : thefoodqueen.com

Sama seperti Sushi, Ramen merupakan hidangan makanan Jepang yang dapat ditemukan di banyak tempat di Jepang. Anda harus ketahui bila ada enam jenis ramen yang berbeda di dunia mie dan tiga di antaranya berasal dari Hokkaido. Sapporo terkenal dengan ramen miso-nya, Hakodate untuk ramen shio (garam) dan Hakata untuk mie yang tipis dan keras. Masing-masing memiliki rasa yang unik dan juga texture mie yang berbeda, tetapi semuanya beraroma dan lezat.

Berikut rekomendasi restoran ramen di daerah Hokkaido.

Menyasaimi : Rating 4.07/5
Alamat: Misono 10 Jo Toyohira, Sapporo, Hokkaido

Menyananabee : Rating 4.01/5
Alamat: Kawashimo Shiroishi, Sapporo, Hokkaido

Men-iji HIRAGISHI BASE : Rating 3.98/5
Alamat: Hiragishi 2 Jo Toyohira, Sapporo, Hokkaido

Seiryuuken : Rating 3,6/5
Alamat: 7-3 Wakamatsucho, Hakodate, Hokkaido

Hakodate Menyaichimonji : Rating 3.53/5
Alamat: 2-1-3 Yunokawacho, Hakodate, Hokkaido

Jiyouken : Rating 3,59/5
Alamat: 7-12 Matsukazecho, Hakodate, Hokkaido

6. Sup Kari Hokkaido

12 Kuliner Hokkaido Yang Harus Anda Coba

image : kumaboshi.blogspot.co.id

Ketika memikirkan sebuah hidangan kari, maka kita akan memikirkan saus yang kaya rasa dan kental. Sup kari hanyalah versi encer dari ini hidangan ini. Sup kari di Sapporo sangat populer karena sangat cocok untuk menghangatkan diri dari cuaca musim dingin. Selain itu hidangan ini juga kaya akan nutrisi.

Berikut rekomendasi restoran sup kari di Hokkaido.

Okushibashouten : Rating 3.57/5
Alamat: 14-2-2 Minami 8 Jonishi, Chuo, Sapporo, Hokkaido

Chaos Heaven : Rating 3.56/5
Alamat: 2F, 2-12-3 Minami 5 Johigashi, Chuo, Sapporo, Hokkaido

Supukaresamurai : Rating 3,55/5
Alamat: 5-5-1 Minami 4 Jonishi, Chuo, Sapporo, Hokkaido

7. Hokkaido Yakimen

12 Kuliner Hokkaido Yang Harus Anda Coba

image : en.compathy.net

Hidangan ini hanya tersedia di restoran di daerah Biei. Yakimen dibuat dengan mie udon, sayuran dan keju. Makanan yakimen yang ada di gambar hanya berharga 980yen. Lengkap dengan sup labu, salad dan susu jeli sebagai pencuci mulut. Selain area wisata seperti kolam biru yang unik, daerah ini juga terkenal akan pertanian dan hasil bumi berkualitas.

8. Hokkaido Zangi (ざんぎ)

12 Kuliner Hokkaido Yang Harus Anda Coba

image : en.kushiro-lakeakan.com

Karaage adalah nama umum untuk menyebutkan ayam goreng di Jepang, tetapi zangi adalah nama khusus untuk ayam goreng di Hokkaido. Zangi adalah potongan ayam lembut dan lezat yang dilapisi dengan lapisan renyah diluar dan juga lebih besar dari rata-rata potongan ayam goreng biasa, hampir dua kali lipat ukurannya. Harganya hanya sekitar 600 yen untuk lima potong.

9. Hokkaido Melon

12 Kuliner Hokkaido Yang Harus Anda Coba

image : hokkaido-sightseeing.com

Tanpa diragukan lagi bila melon terbaik di Jepang tumbuh di Hokkaido. Kunjungan ke perkebunan melon di Hokkaido memungkinkan wisatawan memilih melon mereka sendiri untuk kemudian memotongnya dan mencicipinya. Tersedia juga beberapa souvenir menarik berbentuk melon disini.

Berikut rekomendasi pertanian melon di Hokkaido.

  • Satou Farm – Nakagoku, Furano
  • Takahashi Farm – 10-28 Nishikimachi, Furano
  • Yamazai Melon Farm – Aza yamabe higashi 17 sen 10 banchi, Furano
  • Yoshida Farm – Yamabe Higashi 13 sen 12 banchi, Furano

11. Produk Susu Hokkaido

12 Kuliner Hokkaido Yang Harus Anda Coba

image : hbctaus.com.au

Hokkaido memang sejak dulu sudah terkenal akan pertenakan sapi, hal ini juga menjadi referensi untuk “Hokkaido chizu” (keju Hokkaido) yang sering didengar dalam percakapan sehari-hari masyarakat di seluruh Jepang. Tidak mengherankan karena iklim dingin memungkinkan susu dan keju diproduksi dengan kualitas tertinggi di daerah ini. Mengunjungi peternakan keju di Hokkaido memang menjadi rekomendasi besar untuk para wisatawan.

Berikut lokasi rekomendasi di Hokkaido untuk menikmati produk susu.

  • Kyodo Gakusha Shintoku Farm – 9−1 Shintoku, Kamikawa, Hokkaido
  • Pabrik Keju Furano – Nakagoku, Furano, Hokkaido

12. Hokkaido Beer

12 Kuliner Hokkaido Yang Harus Anda Coba

image : compathy.net

Bagi wisatawan pemula ataupun yang tidak begitu mengenal Jepang pasti cukup kaget dengan adanya produk bir terkenal di Hokkaido, Bir memang produk yang berasal dari negeri barat namun Sapporo yang merupakan ibu kota prefektur Hokkaido memiliki pabrik Bir yang terbaik di Jepang dan bahkan dapat bersain dengan produk-produk bir terkenal di dunia.

Rekomendasi tempat minum bir di Hokkaido.

  • Taman Bir Sapporo – 9-9-2-10 Kita 7 Johigashi, Higashi, Sapporo, Hokkaido
  • Fukushi-kyosan Sapporo Odori Beer Garden – Taman Odori, Sapporo, Hokkaido
  • Otaru Warehouse No.1 – 5−4 Minatomachi, Otaru, Hokkaido

Itulah 12 kuliner Hokkaido yang sangat wajib untuk dicoba para wisatawan ketika berkunjun ke pulau utara Jepang ini.

%d bloggers like this: