A password will be e-mailed to you.

Tradisi Budaya Jepang – Sake adalah minuman alkohol dari negara Jepang, setiap negara sebagian besar memiliki minuman beralkohol tradisional yang diciptakan oleh tangan-tangan tradisional dari negara tersebut. Banyak diketahui bila Sake terbaik adalah dibuat saat musim dingin karena rasa dan kesegaran sake akan lebih terasa dan cocok dengan suhu cuaca dingin dan air yang dingin, Sake sendiri merupakan minuman alkohol yang diciptakan dari hasil fermentasi beras. Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai Sake yang mungkin para pembaca belum ketahui.

11 Fakta Menarik Mengenai Minuman Sake

image : winecoolerdirect.com

Simak Juga : Cara Para Istri Orang Jepang Menghemat Keuangan Keluarga

Bahan Utama Sake Hanya 4 Macam

Sake memang bermacam-macam tetapi ketahuilah bahan utama untuk membuat sake hanya terdiri dari 4 macam yaitu beras, air, jamur dan ragi. Meskipun sebagian sake ada yang menggunakan sedikit alkohol yang disuling, tetapi 4 bahan utama tersebut tidak bisa diganti atau diubah.

Sake Tidak Hanya Dibuat Di Jepang

Yup Sake tidak hanya dibuat di Jepang saja tetapi juga telah dibuat di berbagai negara lain seperti Australia, Kanada, Brasil dan Amerika Serikat.

Sake Difermentasi Bukan Disuling

Pembuatan sake tidak pernah disuling namun hasil dari fermentasi, seperti halnya anggur.

Sake Memiliki Tingkat Keasaman Yang Lebih Sedikit

Bagi mereka yang mudah mengalami reflux atau gangguan pada lambungnya, maka minuman sake adalah minuman alkohol yang lebih ramah.

Kadar Alkohol Sake Mirip Dengan Anggur

Kandungan Alkohol pada Sake tidak setinggi Vodka, Gin atau minuman beralkohol lainnya yang memiliki kandungan tinggi. Sake memiliki kandungan alkohol rata-rata 15-16%, kadarnya sedikit lebih tinggi dari beberapa produk minuman Anggur.

Sake Disebut Nihonshu, Yang Artinya Adalah Anggur Jepang

Bagi masyarakat luar menyebutnya Sake, tetapi di Jepang, sake sama seperti minuman beralkohol lainnya, jadi nama asli dari Sake adalah Nihonshu.

Sake Tidak Mengandung Sulfit

Sake dipasteurisasi, jadi tidak membutuhkan pengawet seperti sulfit.

Sake Memiliki Ratusan Komponen Aroma Dan Rasa Seperti Anggur

Sake memiliki banyak keaneka ragaman rasa dan aroma, ada yang terasa seperti beras dan bahkan ada yang sama sekali tidak terasa seperti beras. Semua itu tergantung dari cara pembuatan dan fermentasinya.

Sake Memiliki Histamin Yang Sangat Rendah

Tidak ingin pusing dan wajah memerah karena minum minuman beralkohol?? maka Sake bisa menjadi pilihan untuk para pecinta minuman alkohol karena Sake memiliki kadang histamin yang jauh lebih rendah.

80% Campuran Sake Adalah Air

Ketika sebuah Sake siap untuk dijual, maka 80% kandungannya adalah air sehingga menjadikan Sake salah satu minuman beralkohol paling ringan dan jauh lebih sedikit memberikan efek sakit kepala setelah minum.

Sake Dapat Disajikan Dalam Banyak Temperatur

Salah satu keunggulan Sake dari minuman alkohol lainnya adalah dapat dihidangkan dalam beberapa temperatur seperti didinginkan, dipanaskan atau bahkan dibekukan.

11 Fakta Menarik Mengenai Minuman Sake

image : takaski.com

Itulah beberapa fakta menarik mengenai minuman beralkohol khas Jepang yang disebut Sake, apakah pembaca pernah mencicipi minuman ini?? atau setelah membaca ini jadi ingin mencicipinya?.

%d bloggers like this: