Seni Budaya Jepang – Jepang yang merupakan negara dengan banyaknya keunikan seni dan budaya, membuatnya menjadi salah satu negara terunik di Asia, mulai dari gaya fashion sampai gaya hidupnya.

Jepang yang menjadi pusat fashion Harajuku ternyata juga memiliki budaya tradisional yang sangat unik seperti mitologi dan cerita rakyat yang melekat hingga saat ini, di Artikel kali ini Artforia akan membahas tentang 10 jenis topeng yang legendarius dan penuh dengan sejarah, yuk di simak di bawah ini.

Simak Juga : Seniman Grafiti Jepang Ciptakan Boneka Daruma Dengan Desain Unik Serta Modern

1. Kappa

nohmask21.com

Topeng Kappa yang diambil dari makhluk legendaris, yang merupakan sejenis makhluk air yang dapat ditemukan pada cerita rakyat Jepang, ereka juga dianggap sebagai bagian dari kriptozologi, karena beberapa orang mengaku melihat Kappa. Pada agama Shinto, mereka dianggap sebagai salah satu suijin (“dewa air”).

Topeng ini sering digunakan dalam acara-acara teater dan drama musikal klasik Jepang, Kappa ini biasanya digambarkan seperti manusia, dengan tubuh sebesar setengah tubuh anak-anak dengan kulitnya bersisik mirip reptilia warnanya hijau hingga kuning atau biru, dan hidup sekitar di sungai dan kolam Jepang.

2. Kokushikijo

nohmask21.com

Topeng Kokushikijo kuno, mungkin yang pertama kali digunakan di Noh (drama musik Jepang klasik yang telah dipertunjukkan sejak abad ke-14), wajah Kokushikijo mewakili seorang dukun mempesona dan sering digunakan dalam ritual Shinto, sering digunakan untuk berdoa perdamaian dunia dan panen berlimpah.

Setiap cincin Noh Mask dibuat dengan tangan dari perak murni dan berdasarkan topeng tradisional dari drama musikal klasik Jepang.

3. Obeshimi

nohmask21.com

Topeng Obeshimi merupakan gambaran dari sosok tengu yang melindungi orang lain dari roh jahat dan setan. Bentuk tertua beshimi, secara khas mulutnya mengepal dengan kuat dan mata emas metalik muncul keluar dari wajah. Sementara obeshimi memiliki ekspresi kebulatan tekad, ia juga memiliki aspek lucu.

Jika obeshimi ingin menjepit giginya, ia akan tersenyum. Ekspresi tegang Obeshimi menciptakan kerutan dalam di dahi dan memaksa kedua ujung alis untuk meringkuk ke atas. Lubang hidung yang rata memperbesar ujung hidung. Topeng ini memiliki rahang bundar dan kedalaman medelling memungkinkan untuk telinga. Alis, jenggot, dan kumis topeng dicat hitam.

Vermillion outline menonjolkan lipatan di kulit cokelat. Digunakan untuk peran tengu dalam Kurama Tengu, Zegai, Kuruma zo, Dairokuten, dan Daie, di mana ia dipakai di bawah topeng shaka dan karenanya disebut shaka shita.

Pertama kali diciptakan oleh pemahat ketigabelas Shakazuru Yoshinari. Topeng obeshimi standar yang baik dimiliki oleh keluarga Mitsui, Tokyo, dan contoh Muromachi awal yang bagus dengan bola mata yang lebih kecil dan wajah bulat milik Kuil Nara Zuihiko.

4. Koomote

eBay

Ko-omote (secara harfiah, “topeng kecil”) menyampaikan keindahan seorang gadis yang belum memasuki usia dua puluh tahun. Sering kali di gambarkan seabgai seorang aktor yang terampil dapat mengilhami ekspresi tanpa ekspresi dengan emosi halus sesuai dengan gerakannya.

Topeng ini adalah prototipe untuk lebih dari dua puluh topeng lainnya untuk peran perempuan, masing-masing bervariasi secara halus dari kepolosan topeng ini untuk menyampaikan karakteristik sensual, bersemangat, gila, atau supranatural.

5. Karura

nohmask21.com

Karura adalah seekor makhluk besar yang memiliki napas panas dan merupakan bagian dari mitologi Hindu-Buddha Jepang. Makhluk ini memiliki tubuh manusia dan kepala seekor elang. Makhluk bisa masuk kedalam budaya Jepang karena dengan penyebaran agama Buddha.

Nama Karura juga merupakan pelafazan bahasa Jepang dari kata dalam bahasa Sanskerta garuda. Namun tampaknya bentuk Jepang ini diambil dari bahasa Pali garuda.

Karura seringkali disamakan dengan burung Hoo atau Phoenix.

6. Hannya

hannya-soul.com

Topeng Hannya adalah topeng yang digunakan di teater Noh, mewakili setan perempuan yang cemburu. Topeng ini memiliki dua tanduk seperti banteng tajam, mata logam, dan mulut menyeringai.

Nama hannya adalah kata Buddha. Dipercayai nama yang diberikan ke topeng ini berasal dari nama seorang biksu, ia juga seorang seniman Hannya-bo yang dikatakan telah menyempurnakan pembuatannya. Penjelasan alternatif adalah bahwa seniman akan membutuhkan banyak kebijaksanaan untuk membuat topeng ini

7. Hashihime

nippon-kichi.jp

Topeng Hashihime merupakan Wajah seorang wanita yang sedang cemburu. Topeng ini didasarkan pada wanita legendaris dalam drama Noh bernama, Hashi-hime, yang didorong oleh kecemburuan untuk menenggelamkan dirinya sendiri. dengan topeng beralis yang lebih tebal dan wajah kemerahan.

8. Semimaru

nohmask21.com

Topeng Semimaru yang mewakili pangeran muda yang buta sejak lahir dan digunakan secara eksklusif dalam drama Semimaru. Diutus untuk tinggal sendirian di sebuah gubuk, Semimaru mencari hiburan dengan memainkan biwa (kecapi Jepang). Adik perempuannya yang gila, Sakagami, muncul, dan untuk sementara waktu saudara-saudaranya saling terhibur. Ekspresi manis dari pengunduran diri tenang mengisi topeng muda ini, meskipun mata buta terbentuk oleh celah horizontal panjang melengkung lembut.

Bibir merah melengkung ke atas dalam senyum kecil, meniru lengkungan alis. Gumpalan sidelocks menyapu pipi penuh dan strip hitam di dahi atas menunjukkan dia mengenakan topi punggawa.

Simak Juga : 5 Boneka Tradisional Yang Memiliki Peran Penting Dalam Tradisi Jepang

9. Namahage

japantimes

Namahage adalah sosok siluman (yokai) dalam cerita rakyat Jepang. Karakter siluman tersebut biasanya diperankan oleh lelaki dengan memakai topeng oni (setan Jepang) dan jubah jerami tradisional Jepang (mino) selama perayaan Tahun Barudi Tanjung Oga kawasan prefektur Akita di Honshu Utara, Jepang.

Saat diperankan, Namahage dipersenjatai dengan pisau deba (meskipun tiruan atau dibuat dengan kertas) dan ember teoke (ember kayu), berjalan berpasangan atau bertiga dari rumah ke rumah, menegur anak-anak yang nakal atau malas, dengan melontarkan kalimat seperti: “Apa ada anak cengeng?” (Nakuko wa inee ga?) atau “Apa ada anak nakal?” (Waruiko wa inee ka?) dengan logat daerah di sana.

10. Daikoku

wikimedia.org

Daikoku adalah dewa kekayaan, petani, makanan, dan keberuntungan yang tampak bahagia. Dia adalah salah satu dari tujuh dewa keberuntungan Jepang dan ayah dari orang Jepang.

Topeng ini dapat digunakan sebagai penyamaran, atau untuk tujuan dekorasi, untuk mendapatkan keuntungan dari pesona keberuntungan dan perlindungan Daikoku.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: