Seni Budaya JepangYakuza adalah sindikat kejahatan terorganisir di Jepang, seperti triad di bagian lain dari Asia atau mafia di Barat. Namun operasi dan peran sosial yakuza sangat berbeda dengan organisasi kriminal lainnya. Bahkan, malahan Yakuza menjadi sesuatu yang sudah biasa di negeri Jepang, mereka memiliki gedung perkantoran dan terdapat berita gosip tentnag mereka di media populer Jepang.

Untuk mengetahui tentang Jepang sebenarnya sudah banyak bisa kita lihat sedikitnya melalui film-film Jason Statham dan Grand Theft Auto, berikut ini merupakan 10 fakta unik dan aneh tentang dunia Yakuza di Jepang.

Simak Juga : Sejarah Dan Proyek Ambisius Jepang Untuk Kereta Api Shinkansen

1. Sokaiya

Sokaiya adalah nama fakta unik Yakuza  dalam bentuk suap berskala besar yang dilakukan oleh yakuza. Pertama, mereka akan membeli saham di sebuah perusahaan, hanya  untuk mendapatkan tempat di rapat pemegang saham. Kemudian mereka akan menggali informasi tentang pimpinan di perusahaan tersebut. Setelah itu, mereka akan membuat sedikit oemerasan seperti  “beri kami uang, atau kami akan datang ke pertemuan dan mempermalukan Anda.” Orang Jepang takut akan rasa malu di atas banyak hal lain, jadi taktik ini biasanya berhasil.

listverse.com

Yang aneh tentang penipuan ini adalah bahwa hal itu dilakukan dengan sangat sopan. Ancaman dibuat secara tidak langsung, demikian pula hasilnya. Yakuza akan menjadi tuan rumah di sebuah acara seperti  turnamen golf atau kontes kecantikan, misalnya, dan mereka akan menjual tiketnya  sangat mahal untuk para korban pemerasan mereka. Beberapa perusahaan terbesar di Jepang telah menjadi target dari usaha pemerasan mereka tersebut.

Pada tahun 1982, sokaiya telah mencapai proporsi endemik sedemikian rupa sehingga Jepang memperkenalkan undang-undang yang membuatnya ilegal bagi perusahaan untuk membayar para pemeras. Sayangnya, hukum tidak banyak membantu tetapi membuat yakuza lebih canggih dalam menyembunyikan skema tersebut. Polisi yang cenderung tidak begitu bisa menjaga rahasia, sehingga melaporkan sokaiya bisa mengakibatkan informasi pemerasan bocor.

2. Yakuza Crackdown

listverse.com

Yamaguchi-gumi adalah sindikat yakuza terbesar di Jepang. Baru-baru ini, telah menjadi target sanksi oleh pemerintah AS, dalam penumpasan kejahatan terorganisir. Warga negara Amerika tidak lagi diizinkan untuk melakukan transaksi dengan pemimpinnya, Kenichi Shinoda (yang berada di nomor tujuh dalam daftar bos kejahatan terbaik dunia). Komando kedua Kiyoshi Takayama juga masuk daftar hitam, dan pemerintah AS telah membekukan semua aset mereka di Amerika. Langkah ini mengikuti hukum di Jepang yang bertujuan untuk memutuskan hubungan antara yakuza dan bisnis yang sah.

3. Bantuan Dari Yakuza

Ketika tsunami melanda Jepang pada tahun 2011, yakuzalah yang pertama menuju ke daerah terkena bencana dengan bantuan.  Dan itu bukan pertama kalinya, pada tahun 1995 ketika gempa bumi melanda Kobe, kota terbesar kelima di Jepang, yakuza menggunakan skuter, kapal, dan helikopter untuk mengirimkan pasokan ke jalan-jalan yang tersumbat.

listverse.com

Beberapa orang mengatakan yakuza membantu orang-orang saat dibutuhkan karena mereka terdiri dari orang buangan, yang bersimpati dengan orang yang berjuang untuk bertahan tanpa bantuan dari pihak berwenang. tetapi ada juga yang berfikir sinis, mereka beranggapan gerakan itu tentang mempererat hubungan masyarakat dengan Yakuza. untuk membuat polisi lebih sulit untuk mendapatkan dukungan penumpasan yakuza setelah adanya penampilan yakuza dalam amal.

4. Majalah Yakuza

listverse.com

Awal tahun ini, Yamaguchi-gumi membagikan buletin kepada hampir 28.000 anggotanya. Dinamakan Yamaguchi-gumi Shinpo, majalah itu memuat haikus (Haiku (俳句) adalah sejenis puisi Jepang, revisi akhir abad ke-19 oleh Masaoka Shiki dari jenis puisi hokku (発句) yang lebih tua. Hokku tradisional terdiri dari 5, 7, dan 5 morae. ) dan artikel tentang memancing semangat, Karena jumlah Yakuza yang telah turun, maka majalah itu dipandang sebagai cara untuk meningkatkan moral bagi para anggotanya.

5. Yubitsume

Anggota Yakuza yang melakukan sesuatu yang tidak seharusnya, mereka akan dipaksa untuk menebus kesalahnya tersebut, seperti memotong sebagian jari mereka sendiri.

listverse.com

Mulai dengan ujung kelingking mereka, jika masih tetap melakukan kesalahan, maka akan di mutilasi kembali lebih lanjut, yang dikenal sebagai Yubitsume, yang mengakibatkan  banyak anggota geng kehilangan sebagian besar atau seluruh jari kelingking kiri mereka, serta beberapa yang lain.

6. Tatto

Salah satu gambaran tentang yakuza yang paling ikonik adalah seni tato seluruh tubuhnya yang rumit. Yang menggunakan metode tradisional dengan memasukkan tinta secara manual di bawah kulit, yang dikenal sebagai Irezumi. Mereka dipandang sebagai tanda keberanian seseorang karena rasa sakit yang ditimbulkan dengan metode ini.

listverse.com

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah non-yakuza yang mendapatkan gaya tato ini telah meningkat secara signifikan. Dengan desain yang lebih populer termasuk naga, gunung, dan wanita.

7. Menggugat Yakuza (Yakuza Menggugat Balik)

Seperti yang kita ketahui, jika kita menuntut seorang dengan kekuasaan yang lebih tinggi dari kita walaupun posisi kita benar, kamu sudah mengetahuinya jika uang berbicara dan kenalan meraka yang sangat kuat bisa membuat diri kamu sendiri yang akan balik di tuntut oleh mereka, seperti halnya Yakuza, ada sebuah kasus di Jepang yang dimana pemilik restoran menuntut Kenichi Shinoda, kepala Yamaguchi-gumi yang sangat berbahaya yang kami sebutkan sebelumnya.

listverse.com

Ia mengklaim bahwa Shinoda memiliki “tanggung jawab penuh” atas pengancaman yang dilakukan oleh gangster, karena meminta uang perlindungan dan mengancam akan membakar restorannya, jika tidak menurut. Pemiliki restoran meminta ganti rugi sebesar 17 juta yen sekitar $ 2,8 juta.

8. Ujian

Pada tahun 2009, Yamaguchi-gumi membuat ujian dengan 12 halaman untuk para anggotanya. Langkah itu dilakukan setelah pemerintah mengeluarkan undang-undang yang lebih keras terhadap kejahatan terorganisir. Tes ini bermaksud untuk menjaga anggotanya agar tidak mendapatkan masalah dengan memastikan mereka mengetahui hukum-hukum yang berlaku untuk para Yakuza.

listverse.com

Mungkin jika kita bayangkan seorang Yakuza yang penuh dengan tatto sedang sibuk mengisi ujian ini. terlihat sedikit lucu bagi orang barat.

9. Ritual Inisiasi

Anggota baru di organisasi yakuza diminta untuk hormat dan patuh kepada salah satu anggota yang lebih berpengalaman atau sepuh yang disebut kobun, secara harfiah memiliki arti sebagai “peran anak.” Yakuza memiliki struktur kepemimpinan yang kompleks, dan ada banyak lapisan yang harus dilalui seseorang untuk mencapai puncak.

listverse.com

Ritual inisiasi untuk merekrut anggota baru yakuza mereka akan melaukan seperti upacara minum sake, yang dikenal sebagai sakazukigoto. anggota baru akan duduk berhadapan dengan oyabunnya, atau “peran ayah,” Ukuran cangkir dalam organisasi ini menunjukkan status mereka. Ukuran cangkir paling kecil berperan sebagai anak (Yakuza baru), lalu atasannya memiliki cangkir lebih besar, begitu pula untuk “peran ayah” di atasnya lagi.

10. Yakuza Di Politik

listverse.com

Pada 2012, menteri kehakiman Jepang, Keishu Tanaka, terpaksa mengundurkan diri dari jabatannya ketika diketahui bahwa ia memiliki hubungan dengan yakuza. Namun memiliki hubungan ini tidak selalu begitu merusak bagi politisi Jepang. Partai Demokrat Liberal, yang telah memerintah Jepang selama 54 dari 58 tahun terakhir, telah banyak mendokumentasikan tautan ke yakuza. Perdana Menteri LDP pertama, Nobusuke Kishi, sangat terlibat dengan Yamaguchi-gumi. Pada tahun 1971, ia, bersama dengan para politisi lainnya, memberikan jaminan bagi seorang pemimpin Yamaguchi-gumi yang dihukum karena pembunuhan. Dia juga menghadiri pemakaman dan pernikahan yakuza.

Simak Juga : 4 Permainan Tradisional Jepang Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Anggota Yakuza beroperasi sebagai pekerja kampanye dan pengawal selama pemilihan umum. Selain itu, geng yakuza dapat menjamin sejumlah suara untuk kandidat favorit mereka. Ketua geng yakuza di Kyoto menyatakan ia telah memberikan 30.000 suara untuk memilih gubernur tertentu. Setidaknya empat Perdana Menteri lainnya telah dikaitkan dengan yakuza, terutama Noboru Takeshita, yang berkuasa pada tahun 1987. Menghadapi pelecehan dari lawan sayap kanan sebelum pemilihan, ia beralih ke kelompok yakuza terbesar di Tokyo, Inagawa-kai.

 

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: