Kuliner Jepang – Ramen adalah sajian mie yang terkenal dari Jepang, kuliner makanan ini memiliki berbagai macam varian rasa dan juga bahan-bahan yang digunakan. Tidak sedikit para pecinta kuliner yang sangat menyukai sajian mie Ramen ini, Ramen sendiri memiliki berbagai macam pilihan kuah kaldu, toping dan juga bahan dasar yang digunakan. Namun dibalik kelezatan dan keunikan yang dimiliki oleh sajian mie Ramen ini, terdapat beberapa fakta-fakta menarik mengenai salah satu kuliner Jepang yang terkenal ini.

10 Fakta Menarik Mengenai Mie Ramen

image : jpninfo.com

Simak Juga : 5 Makanan Sehat Dalam Kuliner Jepang

Berikut adalah 10 Fakta Menarik Mengenai Ramen

1. Ramen dipercaya berasal dari negara China, para ahli sejarah percaya bahwa “Shina Soba” (Sebuah hidangan mie China) diimpor ke Jepang antara abad ke-17 dan ke-20.

2. Kata “Ramen” dipercaya berasal dari bahasa China yang artinya “lamian”, yang merupakan salah satu jenis mie dari China.

3. Miso Ramen Lahir di Sapporo, Sekitar Pertengahan 1950-an.

4. Ramen instan pertama diproduksi pada tahun 1958, Momofuku Ando adalah pendiri dan pencipta perusahaan Nissin. “Chikin Ramen” menjadi rasa pertama mereka.

5. Pada tahun 1971, Nissin memperkenalkan Cup Noodles atau Kappu Nudoru. Karena cara memasaknya sangat simpel dan praktis, dengan hanya menggunakan air panas dan tanpa wadah tambahan, penemuan ini menjadi populer di seluruh dunia.

6. Terdapat sebuah museum Ramen di Jepang. Shin-Yokohama Ramen Museum adalah sebuah taman hiburan yang bertema makanan dan menjadi yang pertama di dunia. Taman ini memiliki 9 restoran ramen dan toko-toko yang berhubungan dengan ramen untuk dinikmati para wisatawan.

7. Saat ini, ada 19 jenis ramen regional yang resmi diakui oleh Museum Ramen Jepang, yaitu Ramen dari Sapporo, Tokyo (Ogikubo), Kyoto, dan Sano. Setiap prefektur memiliki teknik dan keunikannya sendiri.

8. 80% restoran Ramen yang ada di Jepang adalah usaha kecil.

9. Memakan ramen sampai berbunyi, bukanlah sebuah sikap yang tidak sopan di Jepang. Bahkan, tindakan tersebut diharapkan karena dianggap memberikan apresiasi kelezatan kepada sang koki yang memasak. Selain itu memakan dengan cara menghisap mie sangat dipercaya masyarakat Jepang akan memberikan kenikmatan yang lebih.

10. Saat ini, ada lebih dari 35.000 restoran mie ramen di Jepang!.

10 Fakta Menarik Mengenai Mie Ramen

image : kintonramen.com

Itulah 10 fakta menarik mengenai mie Ramen yang tentunya disukai banyak pecinta kuliner, apakah kamu juga salah satunya pecinta mie Rame??!.

%d bloggers like this: